Beranda Informasi 11 Karakeristik Unggul Yang Harus Dimiliki Sekolah Anda

11 Karakeristik Unggul Yang Harus Dimiliki Sekolah Anda

10
0

11 Karakeristik Unggul Yang Harus Dimiliki Sekolah Anda – Pada artikel berikut saya akan mengulas tentang 11 Karakeristik Unggulan Yang Harus Dimiliki Sekolah Anda. Menjadi sekolah unggulan tentu menjadi dambaan semua sekolah.

Sekolah unggul adalah sekolah yang benar-benar memberikan layanan pendidikan terbaik bagi masyarakat. Namun untuk menjadi sekolah unggulan tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja karakteristik sekolah tersebut, simak ulasannya di bawah ini!


Sekolah Yang Mau Menerima Semua Peserta Didik

Sekolah merupakan tempat untuk menimba ilmu, tempat untuk mengubah dari ketidaktahuan menjadi tahu, tempat untuk belajar, tempat untuk menemukan hal-hal baru, tempat untuk berbagi ilmu, tempat untuk melatih diri, atau tempat untuk  menanamkan nilai-nilai yang bisa digunakan dalam kehidupan.

Untuk mendapatkan semua itu, seorang anak diharuskan untuk bersekolah. Menurut persepsi saya, sekolah yang baik adalah sekolah yang memang wajib menerima peserta didiknya dengan catatan telah memenuhi persyaratan, bisa berupa usia, dan memiliki sarana yang cukup dan layak.

Masih ada banyak sekali sekolah unggulan yang menerapkan sistem seleksi yang ketat untuk menerima calon peserta didiknya. Tidak lulus seleksi atau tidak masuk kriteria, tentu tidak akan diterima. Atau masih ada saja sekolah dasar yang mewajibkan calon peserta didiknya bisa membaca, menulis, dan berhitung agar bisa diterima.

Padahal jelas tertulis di peraturan bahwa semua anak yang telah masuk kriteria umur  untuk sekolah wajib diterima, walaupun belum bisa membaca, menulis, dan berhitung atau tidak lulus dari pendidikan pra sekolah sekalipun.

ARTIKEL TERKAIT •
POS Penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 - BSNP

Kalau kita telaah secara sederhana, bukankan tujuan sebenarnya dari pendidikan itu ialah mengubah dari tidak bisa menjadi bisa, mengubah ketidak tahuan menjadi tahu. Sudah seharusnya sebuah sekolah harus bisa menerima semua peserta didik yang telah memenuhi syarat untuk bersekolah, bagaimanapun latar belakangnya, bagaimanapun kemampuan awalnya.


Sekolah Yang Memiliki Nilai Bagus

Selanjutnya, sekolah yang bagus adalah sekolah yang mempunyai nilai yang bagus. Nilai dalam hal ini biasanya berupa nilai akreditasi sekolah. Kategori nilai terbaik untuk sekolah adalah sekolah yang memiliki nilai akreditasi A.

Artinya, sekolah tersebut memang telah nilai secara nyata dan diakui secara sah sebagai sekolah yang bagus. Sekolah dengan nilai akreditasi yang bagus biasanya memang telah melaksanakan 8 standar pendidikan.

Biasanya sekolah dengan nilai akreditasi terbaik inilah yang akan dijadikan tujuan oleh orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Tujuannya tentu jelas, agar pendidikan yang diterima oleh anak tersebut adalah semua yang terbaik.

Sekolah Yang Memiliki Kepemimpinan Yang Kuat

Maju tidaknya sebuah sekolah ditentukan oleh pimpinan yang ada didalamnya, dalam hal ini dipegang oleh kepala sekolah. Kepala sekolah yang baik adalah kepala sekolah yang memiliki kepemimpinan yang kuat.

Kepemimpinan yang kuat dalam hal ini adalah kepala sekolah tersebut mampu untuk mengarahkan sekolah untuk mencapai visi dan misi yang ditetapkan, mampu menjalankan segala kebijakan sekolah dengan baik, mampu membangun sebuah sistem yang bekerja dengan maksimal, sampai mampu menjadi teladan bagi semuanya.

ARTIKEL TERKAIT •
Jenis-Jenis Tunjangan Guru dan Penjelasan Lengkapnya

Sekolah dengan pemimpin yang kuat biasanya akan lebih terorganisir dengan baik dibandingkan sekolah yang lainnya. Sekolah ini akan memberikan layanan pendidikan yang memuaskan kepada masyarakat.

Sekolah Yang Memiliki Guru dan Tenaga Pendidik Yang Kompeten

Selain kepemimpinan yang kuat, sekolah yang berkualitas selanjutnya adalah sekolah yang memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang kompeten pada bidangnya. Guru dalam hal ini merupakan salah satu pihak yang ada di sekolah yang sangat berperan penting dalam menjalankan roda pendidikan yang ada di sekolah.

Guru yang kompeten maksudnya adalah guru yang memiliki kualifikasi akademik yang memang telah memenuhi syarat utama, dan telah tersertifikasi sebagai guru yang profesional. Artinya, guru tersebut memang bekerja secara profesional dalam mengarahkan dan melayani peserta didik dengan pelayanan terbaik, bukan sekedar marah, memberi perintah atau komando.

Guru yang kompeten akan mampu menciptakan suasana belajar yang menarik, nyaman, interaktif, inovatif, dan membuat suasana kelas menjadi hidup. Sehingga pada akhirnya hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik bisa memuaskan.

Sekolah Yang Disiplin

Disiplin merupakan salah satu karakter yang memang harus ditanamkan secara kuat kepada semua peserta didik. Sekolah yang baik adalah sekolah yang selalu menanamkan betapa pentingnya nilai-nilai kedisiplinan, baik kepada peserta didik maupun semua guru dan tenaga kependidikan yang ada disana.
Dengan adanya kebiasaan disiplin yang kuat, sebuah sistem yang ada disekolah akan berjalan dengan semestinya. Kebiasaan disiplin bisa berupa ketepatan memulai dan mengakhiri kegiatan sekolah, membiasakan peserta didik dan guru datang tepat waktu, kedisiplinan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, sampai disiplin dalam mengikuti segala kegiatan sekolah yang ada.

Sekolah Yang Memiliki Sarana dan Prasarana Memadai

Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung segala kegiatan sekolah. Sarana dan prasarana bisa berupa gedung sekolah berserta kelengkapan didalamnya, fasilitas alat-alat olahraga, alat-alat pendukung kegiatan belajar mengajar, kantin, dan sebagainya.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal LCC Tingkat Sekolah Dasar TA 2015/2016 Paket 1

Tidak bisa dibayangkan bagaimana sebuah sekolah bisa berjalan dengan baik tanpa adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Misalnya sekolah dengan kondisi fisik gedung yang rusak berat, tentu hal ini akan membuat kegiatan sekolah tidak bisa berjalan dengan baik.

Sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang memiliki semua sarana dan prasana yang lengkap, yang bisa mendukung semua kegiatan, baik itu kegiatan akademik maupun non-akademik. Sehingga sekolah tersebut bisa memfasilitasi segala kegiatan yang ada dengan lancar tanpa ada kendala.

Contoh, sekolah yang memiliki fasilitas olahraga lengkap seperti lapangan dan semua peralatan olahraga akan bisa mendukung kegiatan pembelajaran olahraga yang memang lebih banyak dilakukan secara praktik secara nyata.

Sudah seharusnya Pemerintah pusat lebih memperhatikan masalah ini. Masih ada banyak sekali sekolah yang kondisinya sangat memprihatinkan. Jangankan berbicara fasilitas, memiliki gedung yang layakpun masih banyak yang belum memilikinya.

ARTIKEL TERKAIT •
Kisi-Kisi USBN SMP/MTS/SMPLB Lengkap Tahun Pelajaran 2017/2018

Sekolah Yang Lingkungannya Bersih dan Aman

Sekolah yang berkualitas selanjutnya adalah sekolah yang bersih dan aman. Kebersihan dan keamanan memang merupakan hal wajib yang harus dimiliki sekolah dalam upaya mencerdaskan generasi bangsa.

Sekolah yang bersih akan membuat peserta didik merasa nyaman dalam mengikuti segala kegiatan belajar. Kebersihan tersebut mencakup semua kawasan lingkungan yang ada pada sekolah tersebut. Seperti ruang kelas, halaman, kantin, perpustakaan, dan lainnya.

Sedangkan sekolah yang aman adalah sekolah yang memberikan jaminan belajar yang nyaman kepada semua peserta didik. Sekolah yang aman adalah sekolah yang tidak mendapatkan gangguan berupa apapun dalam setiap kegiatannya. Hal ini akan membuat peserta didik akan bisa belajar dengan perasaan terlindungi, dan tanpa rasa takut berada didalamnya.

Sekolah Yang  Kegiatan Ekstrakurikulernya Beragam

Secara umum, kegiatan yang ada di sekolah itu ada 2 (dua), yaitu kegiatan akademik (intra) dan kegiatan non-akademik (ekstra). Kegiatan akademik berupa kegiatan pembelajaran pada umumnya, sedangkan kegiatan non-akademik bisa berupa kegiatan ekstrakurikuler yang biasa dilaksanakan sore hari.

ARTIKEL TERKAIT •
Adminitrasi Kepala Sekolah Lengkap (Contoh Format)

Sekolah yang baik adalah sekolah yang memenuhi keduanya. Kegiatan ekstrakurikuler tidak kalah penting dibandingkan dengan kegiatan intrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler lebih berorientasi pada perkembangan bakat dan minat peserta didik.

Dengan adanya kegiatan ini, peserta didik diharapkan mampu untuk menemukan dan mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya. Sehingga apa yang diperolehnya setelah keluar dari sekolah tersebut bukan hanya hal-hal akademik, tetapi juga keterampilan yang memadai.

Maka dari itu, sekolah yang bagus adalah sekolah yang banyak memiliki kegiatan ekstrakurikuler didalamnya. Karena pada dasarnya bakat dan minat peserta didik itu tidaklah sama. Sehingga mereka akan bisa memilih kegiatan berdasarkan minat dan bakatnya.

Beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler yang ada disekolah antara lain pramuka, UKS, PMR, drumband, seni tari, dokter kecil, olahraga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekolah Yang Memiliki Kemitraan Dengan Orang Tua

Sekolah tidak bisa terlepas dari peran orang tua peserta didik dalam upaya pelaksanaan pendidikan. Melalui wadah komite sekolah, sebuah sekolah membangun hubungan kemitraan. Orang tua berperan mendukung segala kegiatan positif yang ada di sekolah. Orang tua melalui komite sekolah pun dapat memberikan saran dan masukan dalam upaya pengembangan sekolah.

Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa membangun hubungan kemitraan tersebut dengan baik. Dengan adanya dukungan dan saran dari orang tua, sekolah bisa menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang mempunyai arah nyata.

ARTIKEL TERKAIT •
Tematik UKK Kelas 4 SD Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi Semester 2 TA 2014/2015

Artinya segala kegiatan yang diikuti peserta didik di sekolah telah diketahui dan mendapat dukungan secara penuh oleh orang tua. Selain itu, hubungan kemitraan ini dapat juga digunakan untuk mengembangkan pembangunan sekolah menjadi lebih baik dalam jangka panjang.

Sekolah Yang Memiliki Banyak Prestasi

Sekolah yang baik selanjutnya adalah sekolah yang mempunyai banyak prestasi. Baik itu prestasi akademik maupun prestasi non-akademik. Entah itu dalam hal lomba mata pelajaran, olahraga, kesenian, dan yang lainnya.

Sekolah dengan banyak prestasi akan membuat nama sekolah tersebut semakin terkenal dan menarik perhatian banyak pihak. Sekolah jenis ini akan menjadi tujuan utama masyarakat dalam mendapatkan pendidikan bagi anak-anaknya.

Sekolah Yang Memiliki Persepsi Baik Di Masyarakat

Sudah sewajarnya baik atau buruknya sesuatu itu ketika telah mendapat tanggapan dari orang lain. Begitu juga sekolah, sekolah yang baik akan mendapat persepsi yang baik dari masyarakat. Artinya mereka benar-benar melihat banyak hal positif dari beragam kegiatan yang dijalankan sekolah tersebut.

Sebaliknya sekolah yang menejemennya buruk tentu akan mendapat tanggapan yang negatif pula. Oleh karena itu, sekolah harus menghindari hal ini dengan cara penyelenggaraan pendidikan yang bernilai positif dan berkesinambungan.

Demikian artikel tentang 11 Karakeristik Unggulan Yang Harus Dimiliki Sekolah Anda. Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.blogsekolah.net/