Beranda Informasi 12 Ciri Guru Yang Disukai Peserta Didik

12 Ciri Guru Yang Disukai Peserta Didik

6
0

Memiliki guru idola tentu merupakan dambaan setiap peserta didik. Menjadi guru idola pun juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi guru tersebut. Ada banyak sekali kriteria yang bisa menjadikan anda sebagai guru yang sangat disukai peserta didik.

Sumber Gambar : www.pixabay.com

Apa saja itu?

Berikut 12 Ciri Guru Yang Disukai Peserta Didik yang harus anda ketahui!

Mengenal Karakteristik Anak

Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda. Karakter disini maksudnya adalah bisa berupa sifat, latar belakang kehidupan, atau cara belajarnya. Setiap guru haruslah mengetahui karakteristik setiap peserta didiknya. Hal ini sangat penting dalam melakukan pendekatan pada masing-masing peserta didik.

Tujuannya adalah agar guru tersebut mampu berkomunikasi dan melakukan pendekatan dengan baik pada setiap peserta didiknya. Tidak semua peserta didik dapat diperlakukan dengan perlakuan yang sama.

Contoh :

Si A adalah seorang peserta didik yang hidup pada lingkungan yang keras. Ia sering dimarahi oleh orang tuanya ketika sedang berada dirumah. Ia cenderung pendiam dan mudah ketakutan. Pada peserta didik ini, seorang guru haruslah memahami karakternya. Guru harus mampu memposisikan diri sebagai seseorang yang bisa memberikan kasih sayang dan perhatian yang tidak didapat peserta didik ini dirumahnya. Hal ini akan membuat si anak akan lebih semangat dalah belajar, karena apa yang tidak ia dapatkan di rumah akan ia dapatkan di sekolah.

Perhatikan contoh lain berikut!

Si B adalah seorang anak yang lumayan nakal. Setiap hari ia malas belajar. Tugas-tugas yang diberikan guru jarang ia kerjakan. Pada anak seperti ini, guru harus lebih tegas dalam memberikan pembimbingan belajar. Namun tegas disini bukan berarti galak. Karena hal itu malah bisa akan memperparah keadaan.

Guru yang mampu memahami karakteristik peserta didiknya dengan baik akan membuat peserta didik terkesan. Hal ini akan membuat mereka menjadi sangat menyukai anda sebagai guru mereka.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini Perbedaan US/M (UN) dan USBN Tahun 2018

Disiplin dan Bertanggung Jawab

Guru yang disukai peserta didik yang kedua adalah guru yang disiplin dan bertanggung jawab.

Guru yang disiplin adalah guru yang selalu datang tepat waktu dan tidak pernah meninggalkan pelajaran. Guru yang seperti ini akan membuat peserta didik menganggap bahwa ketika mereka datang ke sekolah bukanlah hal yang sia-sia, karena guru tersebut selalu ada untuk mereka.

Bandingkan saja dengan guru yang jarang hadir atau sering meninggalkan peserta didiknya dengan meninggalkan tugas yang bertumpuk-tumpuk tanpa pernah memahami kesulitan mereka. Mereka akan sangat kecewa, karena apa yang  mereka ingin ketahui disekolah itu dari guru.

Semakin sering anda emninggalkan mereka, maka anda akan semakin dibenci oleh mereka. Namun sebaliknya, semakin sering anda berada disisi mereka, maka mereka akan semakin menyukai anda. Meraka akan merasa sangat kehilangan jika anda bahkan hanya sebentarpun meninggalkan kelas.

ARTIKEL TERKAIT •
Jenis-Jenis Peraturan Wajib Yang Harus Ada Dalam Perpustakaan

Selain disiplin, guru yang disukai peserta didik adalah guru yang bertanggung jawab. Guru yang bertanggung jawab adalah guru yang  memperhatikan keberadaan meraka dan bertanggung jawab terhadap hasil belajar mereka.

Guru jenis ini harus mampu memberikan hasil terbaik bagi peserta didiknya dan dapat menggantikan peran orang tua mereka di sekolah. Memberikan pembimbingan belajar semaksimal mungkin, sehingga mereka akan mudah memahami pelajaran.

Menguasai Materi Pelajaran

Jika boleh diibaratkan guru adalah gudang ilmu bagi peserta didiknya. Mereka akan menganggap guru sebagai manusia yang serba mengetahui segalanya, terutama masalah pelajaran. Apa yang tidak mereka ketahui akan mereka tanyakan kepada gurunya di sekolah.

Karena pola pikir peserta didik yang seperti itu, sebagai seorang guru, anda diwajibkan untuk menguasai setiap mata pelajaran yang diajarkan disekolah. Guru yang menguasai mata pelajaran akan memudahkan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

Menguasai materi pelajaran juga akan memudahkan seorang guru dalam dalam memberikan kegiatan pembelajaran. Guru seperti ini akan sangat kaya akan ide, mampu menjawab semua pertanyaan dari peserta didiknya, dan tentu saja ini memberikan kepuasan bagi mereka.

Ramah dan Suka Tersenyum

Ada sebuah istilah, ” Setiap sekolah pasti mempunyai guru killer “. Guru killer adalah guru yang terkenal sangat galak dan sering membuat takut peserta didiknya. Guru jenis ini cenderung menjadi guru yang sangat tidak disukai, bahkan dihindari oleh peserta didik.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal Ulangan UAS PKn Kelas Sepuluh Semester 1 Terbaru

Jadilah guru yang ramah dan suka tersenyum pada peserta didiknya. Jangan suka memarahi mereka tanpa alasan yang jelas atau karena hal sepele. Sering sapa peserta didik anda ketika ada waktu luang, ajak mereka berbicara tentang banyak hal yang menarik ketika waktu luang. Budayakan senyum kepada mereka dimanapun bertemu.

Hal ini akan membuat mereka sangat senang dengan anda sebagai guru mereka. Mereka akan menganggap anda sebagai guru yang menghargai mereka.

Berpenampilan Menarik

Apa yang dilihat pertama kali oleh peserta didik adalah penampilan guru. Jadilah guru yang berpenapilan menarik, seperti berpakaian dengan pantas, selalu berpakaian yang bersih dan rapi, selalu tampil fresh didepan mereka.

Jangan pernah menjadi guru yang berpenampilan urak-urakan didepan mereka. Seperti berpakaian semaunya atau berambut gondrong. Ini akan membuat mereka menjadi tidak suka terhadap anda. Hal ini juga bisa menjadikan contoh yang sangat buruk bagi mereka.

Humoris

Jangan pernah menjadi guru yang kaku ketika proses belajar mengajar. Hal ini akan membuat suanana kelas cenderung lebih kaku dan membosankan bagi peserta didik. Guru yang kaku juga akan mudah membuat peserta didik mengantuk dan sulit memahami pelajar.

Jadilah guru yang humoris. Guru yang humoris cenderung akan lebih membuat kelas menjadi lebih hidup, menghilangkan rasa kantuk, dan membuat peserta didik bahagia. Jangan pernah lupa menyelipkan humor atau hal-hal lucu yang bisa memecah ketegangan ketika belajar. Namun yang perlu diingat adalah tidak boleh secara humor yang berlebihan, seperti menghina mereka atau hal lain yang memang tidak patut.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Cek Data Kehadiran Guru Pada Aplikasi DHGTK

Guru yang humoris cenderung selalu disukai, akan dirindukan dan selalu mereka ingat sampai kapanpun.

Menjadi Teladan

Guru adalah panutan dan teladan bagi peserta didiknya. Apa yang dicontohkan guru akan selalu diikuti oleh peserta didiknya. Bahkan rata-rata peserta didik akan lebih takut dan menurut jika diperintah oleh gurunya.

Jadilah teladan dan contoh yang baik bagi peserta didik anda. Selalu berikan nilai-nilai keteladanan yang baik bagi mereka, bukan hanya di sekolah namun juga agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan tempat meteka tinggal.

Penyabar

Guru yang sabar adalah guru yang bersedia memberikan perhatiannya secara penuh kepada peserta didiknya. Bagaimanapun keadaan peserta didik tersebut, guru selalu dituntut untuk lebih sabar.

Guru yang sabar akan membuat peserta didik tidak takut dalam belajar dan mengkonsultasikan ketidaktahuannya kepada guru tersebut. Karena mereka menganggap mereka tidak akan dimarahi atau diabaikan oleh gurunya

Tidak Ketinggalan Zaman dan Up Date

Zaman semakin hari akan semakin maju. Ilmu pengetahuan dan teknologi setiap waktu semakin berkembang dengan pesat. Di zaman seperti ini, seorang guru akan selalu dituntut untuk memberikan sesuatu yang lebih up to date.

ARTIKEL TERKAIT •
Kisi-Kisi USBN PAI Tahun 2018 Semua Jenjang Lengkap

Memberikan materi lama yang tidak relevan dan ketinggalan zaman akan membuat akan menyesatkan peserta didik. Seorang guru juga dituntut untuk selalu belajar dan belajar.

Jangan menjadi guru yang ketinggalan zaman. Sebaliknya, jadilah guru yang modern, up date, dan mengikuti perkembangan zaman. Selalu berikan informasi terbaru kepada peserta didik. Karena materi pelajaran semakin hari semakin berkembang.

Bahkan di zaman serba canggih seperti sekarang, peserta didik lebih mengerti tentang kemajuan teknologi dibandingkan gurunya sendiri. Jangan sampai hal ini bisa terjadi. Ini akan membuat mereka kecewa kepada anda dan meremehkan kapasitas anda sebagai sorang guru.

Menghargai Peserta Didik

Guru yang baik adalah guru yang selalu menghargai pendapat dan hasil kerja peserta didik. Bagaimanapun hasil yang mereka dapatkan, tetap hargai hal itu. Lihatlah proses yang mereka lakukan terhadap kerja mereka.

Selalu tampung pendapat dan saran dari peserta didik anda. ak peduli benar atau salah, baik atau buruk, relevan atau tidak relevan. Jika itu memang baik, berikan reward kepada mereka berupa pujian atau apapun yang dapat lebih memotivasi mereka. Namun jika sebaliknya, hargai jerih payah mereka dan berikan pengarahan dan bimbingan yang baik pada mereka.

Ini akan membuta mereka lebih dihargai dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Guru jenis ini akan sangat disukai oleh peserta didik.

ARTIKEL TERKAIT •
Persyaratan Formasi Khusus Seleksi CPNS 2018 Lengkap

Mampu Memotivasi

Guru haruslah mampu menjadi seorang motivator yang handal di kelasnya. Tujuannya adalah agar guru mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik yang mulai kendur. Entah itu karena bosan, mengantuk, materi yang sulit, atau apapun.

Berikan kata-kata atau kalimat yang mempu membakar semangat belajar mereka di sela-sela pembelajaran. Jangan memaksakan diri atau memaksa mereka terus belajar jika memang keadaan tidak mendukung. Berikan rehat sejenak, motivasi mereka agar lebih semangat lagi dalam belajar.

Kreatif dan Kaya Ide Baru

Belajar bukan hanya mendengan ceramah dari guru. Metode seperti itu sudah sangat ketinggalan zaman. Sekarang, peserta didiklah yang lebih dituntut lebih aktif dalam kegiatan belajar dalam kelas.

Jadilah guru kreatif yang penuh inovasi dan ide baru dalam mengadaka kegiatan belajar di kelas. Gunakan metode yang tepat, serta media pembelajaran yang memadai. Jangan cuma ceramah, misalnya bisa dengan bermain kuis, menonton video pembelajaran, atau  media belajar interaktif lainnya.

Berikan hal-hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Ini akan membuat mereka lebih semangat dalam belajar dan menjadi sangat menyukai anda sebagai guru mereka.

Kesimpulan

Menjadi guru yang disukai akan memberikan banyak manfaat dalam kegiatan belajar mengajar. Selain membuat anda disukai peserta didik,  hal itu tentu akan berimbas pada hasil belajar yang lebih baik kedepannya.

Demikian artikel tentang . Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.blogsekolah.net/