Beranda Informasi 5 Hal Yang Bisa Dilakukan Guru Dalam Mengisi Hari Libur

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Guru Dalam Mengisi Hari Libur

3
0

Hari libur merupakan hari yang paling membahagiakan bagi banyak orang, tak terkecuali guru. Hari libur akan memberikan kekebasan akan beban tugas yang biasa dilakukan oleh seorang guru sehari-hari. Apalagi libur akhir semester, yang memungkinkan guru untuk bebas dari rutinitas mengajar dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Sumber Gambar : www.pixabay.com

Jika anda adalah seorag guru, kegiatan apa yang anda lakukan untuk mengisi liburan?

Tentu ada banyak agenda yang telah anda persiapkan untuk mengisi waktu liburan tersebut. Berikut ini akan saya akan mengulas beberapa hal yang bisa dilakukan guru dalam mengisi waktu libur panjang akhir semester.

Kumpul Keluarga

Ini merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh guru dalam mengisi liburan, karena pada dasarnya aktifitas guru yang padat sampe sore membuat mereka memiliki sedikit waktu untuk berkumpul dengan anggota keluarga, entah itu keluarga dalam satu rumah ataupun yang di luar daerah.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Mengajar Bagi Guru Agar Pembelajaran Lebih Optimal

Anda bisa memanfaatkan waktu libur panjang sekolah untuk berkumpul bersama keluarga besar anda. Tentu hal ini sangat membahagiakan. Anda bisa mengunjungi keluara anda yang ada di luar daerah atau sekedar berkumpul dengan keluarga kecil anda di rumah untuk lebih membangun keharmonisan keluarga.

Jalan-Jalan (Liburan)

Liburan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan seorang guru. Padatnya kegiatan yang telah dilalui akan membuat otak dan pikiran anda penuh dengan beban pekerjaan yang kadang membuat semuanya terasa berat.

Luangkan waktu libur anda untuk melakukan liburan, baik sendiri atau bersama anggota keluarga. Hal ini akan menyegarkan pikiran anda yang penuh rutinitas padat tersebut. Kunjungi tempat-tempat wisata yang menarik, menonton bioskop, belanja, atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga anda.

ARTIKEL TERKAIT •
Konsep, Soal dan Pembahasan Induksi Matematika

Hal ini akan membuat jiwa dan pikiran anda lebih fresh lagi.

Evaluasi Diri

Jika hari berkumpul keluarga dan liburan telah terpenuhi, maka hal lain yang bisa anda lakukan adalah melakukan evaluasi diri atas kinerja yang telah anda lakukan. Introspeksi diri anda dengan baik, cari kekurangan yang telah anda lakukan dan cari solusi untuk memperbaikinya.

Jika hal itu dilakukan, niscaya anda akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam bekerja dan berkarya. Karena pada dasarnya tidak ada yang sempurna, setiap manusia wajib melakukan evaluasi diri dan melakukan perbaikan untuk hal yang akan dilakukan kedepan.

Belajar Hal Baru

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan guru untuk mengisi libur adalah belajar hal baru. Belajar memang selalu tidak ada batasannya. Dengan belajar ilmu, pengetahuan, dan keterampilan seorang guru akan terus bertambah.

ARTIKEL TERKAIT •
Perangkat pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 1 s.d 6

Belajar bukan hanya sekedar yang berkaitan dengan profesinya sebagai guru, namun bisa hal lain yang penting bisa memberikan manfaat ketika mengisi waktu luangnya. Misalnya belajar memasak, menjahit, blogging, atau apapun itu.

Siapkan Amunisi

Ini merupakan hal yang tak kalah penting. Maksudnya disini adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi ratinitas yang akan dihadapi ketika waktu liburan berakhir. Semua kegiatan harus direncanakan dengan baik, karena suatu hal yang dilakukan tanpa perencanaan yang matang hasilnya akan kurang baik pula.

Rencanakan kegiatan mengajar yang akan anda lakukan di semester yang akan datang. Baik itu mempersipakan kesehatan diri, administrasi mengajar, atau agenda penting yang mungkin akan anda laukan atau temui selanjutnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Pedoman / Juknis FLS2N Tingkat SMK Tahun 2018

Demikian artikel mengenai 5 Hal Yang Bisa Dilakukan Guru Dalam Mengisi Hari Libur. Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.blogsekolah.net/