Beranda Informasi 6 Contoh Sikap Guru Teladan Yang Wajib Anda Miliki

6 Contoh Sikap Guru Teladan Yang Wajib Anda Miliki

3
0

Menjadi guru teladan tentu menjadi dambaan setiap guru. Guru yang teladan adalah guru yang dapat memberikan contoh baik dan disukai oleh peserta didik. Karena pada dasarnya, menjadi seorang guru yang disukai dan dekat dengan peserta didiknya tidaklah mudah.

Membangun kedekatan dengan peserta didik sangatlah penting. Karena hal itu tentu akan berimbas pada kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar mereka. Berikut akan saya bagikan 6 Contoh Sikap Guru Teladan Yang Wajib Anda Miliki.

Menganggap Mereka Sebagai Anak Sendiri

Di lingkungan sekolah khususnya di kelas, peserta didik adalah tanggung jawab guru. Jika diibaratkan seperti di rumah, mereka adalah anak anda. Seorang guru harus menganggap dan memperlakukan peserta didik seperti anak sendiri.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal Bangun Ruang Kerucut dan Bola plus Kunci Jawaban

Dengan perlakuan yang demikian, maka anda tidak akan merasa terbebani dengan keberadaan mereka. Anggap mereka seperti anak anda sendiri, sayangi mereka dengan sepenuh hati anda. Seorang anak tentu akan bahagia jika disayangi.

Berikan hati anda kepada mereka. Jangan cuma memerintah atau memberikan komando saja, tetapi bimbing mereka dengan kasih sayang dan cinta seperti anda menyayangi dan mencintai anak anda sendiri. Dengan begitu, mereka akan merasa betah belajar bersama anda dan menganggap anda adalah guru terbaik bagi mereka.

Seorang guru yang hanya bisa memerintah dan memarahi akan sangat ditakuti oleh peserta didik. Mereka tidak akan pernah senang dengan keberadaan anda.


Jangan Pernah Berkata Kasar Kepada Mereka

Sikap dan perilaku itu dibangun dari kata-kata. Kata-kata yang baik, sopan, dan lembut akan membentuk pribadi yang baik. Sedangkan kata-kata kasar akan membuat sakit hati, membuat mereka jadi seorang pendendam dan akan menciptakan pribadi yang buruk.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Cara paling mudah Merubah Word ke PDF

Perkataan guru yang buruk dan kasar cenderung akan menyakiti hati dan membuat lemah mereka. Hindari kata-kata kasar seperti bodoh, nakal, kurang ajar, dan sejenisnya. Gunakan kata-kata yang lebih halus.

Berkata kasar tidak akan membuat mereka menjadi lebih baik, justru itu akan melukai mereka. Bangun sikap, pribadi, dan karakter mereka dengan kata-kata yang santun. Dengan begitu, mereka akan lebih merasa diperhatikan dan dihargai sebagai peserta didik anda.


Hargai Jerih Payah Mereka

Selama ini, kebanyakan guru hanya melihat hasil sebagai keberhasilan atau indikator kemampuan peserta didik. Namun sebaliknya, kebanyakan guru kurang memperhatikan proses yang mereka lalui dalam belajar.

Ubah pola yang seperti itu, hasil memang penting, namun proseslah yang lebih penting dari semua itu. Apa yang diberikan peserta didik kepada anda sebagai guru tentu itu adalah hasil dari perjuangan dan kerja keras mereka.

ARTIKEL TERKAIT •
Formulir BOS K-7 dan K-7a Sesuai 11 Komponen BOS Terbaru

Hargailah semua itu, bagaimanapun hasilnya, entah itu baik atau buruk yang penting mereka telah berusaha sekuat tenaga dan pikiran mereka. Dengan dihargai, seburuk apapun hasilnya, itu akan melecut semangat mereka dan berusaha menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Sebaliknya, jika anda tidak pernah mau menghargai hasil kerja mereka, sekecil apapun itu maka mereka akan kecewa kepada anda.

Dengarkan Keluhan Mereka

Jangan pernah menjadi guru yang egois di kelas. Guru itu juga manusia, guru itu tidak melulu tahu semuanya. Evaluasi diri anda sebagai guru, dengarkan keluh kesah dari peserta didik anda. Jadikan itu perbaikan.

Jangan pernah marah jika peserta didik anda mengeluh karena apa yang telah anda jelaskan dengan susah payah tidak mereka mengerti. Itu bukan mutlak salah mereka, bisa jadi cara atau metode mengajar anda yang kurang tepat atau salah.

ARTIKEL TERKAIT •
Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kemdikbud

Jadilah pendengar yang baik bagi peserta didik anda. Bukan hanya masalah pelajaran, atau sekolah, tetapi juga tentang kehidupan mereka diluar sekolah. Dengan begitu anda akan lebih mengerti setiap karakteristik dari mereka.

Bersedia Membimbing Mereka

Tugas guru bukan cuma mengajar dan menjelaskan tentang pelajaran. Tetapi juga membimbing mereka. Kebanyakan guru hanya akan masuk keluar, menjelaskan panjang lebar pelajaran, memberikan tugas, dan kemudian meninggalkan mereka tanpa mau tahu bisa atau tidak mereka mengerjakan tugas tersebut.

Seorang guru harus mampu membimbing peserta didiknya, menjawab ketidak mengertian mereka, membantu memecahkan permasalahan yang mereka hadapi, dan memiliki waktu yang banyak dengan mereka.

Peserta didik butuh perhatian dan bimbingan dari anda sebagai guru mereka. Entah itu di kegiatan pembelajaran ataupun diluar pembelajaran, seperti kegiatan ekstrakurikuler.

ARTIKEL TERKAIT •
RPP Tema 3 Tokoh dan Penemuan Kelas 6 K13 Revisi 2018

Memberikan Contoh Teladan Bagi Mereka

Guru adalah teladan. Guru adalah contoh nyata bagi peserta didiknya. Anda adalah panutan mereka. Kata-kata anda akan didengarkan oleh mereka. Segala tindak tanduk anda akan diperhatikan oleh mereka.

Jangan memberikan contoh buruk kepada mereka. Itu akan ditiru oleh mereka. Sebaliknya berikan contoh teladan bagi mereka, seperti mencontohkan mengambil sampah dan membuang pada tempatnya, jangan segan atau gengsi menyapa mereka terlebih dahulu, dan sebagainya.

Dengan begitu, mereka akan menjadikan anda sebagai panutan bagi mereka.

Demikian artikel tentang 6 Contoh Sikap Guru Teladan Yang Wajib Anda Miliki. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.blogsekolah.net/