Beranda Informasi Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2 4, dan 5

Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2 4, dan 5

12
0

Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2 4, dan 5 – KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan keriteria dengan ukuran paling rendah yang menyatakan peserta didik dalam mencapai ketuntasan belajar. KKM di ukur dengan sebuah nilai yang dihitung di awal tahun pelajaran.

Seorang peserta didik dinyatakan tuntas dalam belajar jika nilai yang dicapainya lebih atau sama dengan nilai KKM, sebaliknya seorang peserta didik dinyatakan belum tuntas apabila nilai yang diperolehnya masih di bawah KKM dan harus mengikuti remedial agar nilai tersebut mencukupi KKM yang telah ditetapkan.

Pada dasarnya, KKM pada setiap satuan pendidikan dalam hal ini sekolah akan berbeda satu sama lain. KKM turut menentukan kualitas Peserta didik dari setiap mata pelajaran di sebuah sekolah. Sekolah dengan KKM lebih tinggi akan dipandang sebagai sekolah yang lebih kompeten dibanding sekolah lain yang KKM nya lebih rendah, dengan catatan peserta didiknya tuntas mencapai target nilai KKM tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema 2 Bermain di Lingkungan Sub Tema 2 TA 2015/2016

Seperti yang saya katakan di atas, KKM dihitung di awal tahun pelajaran dengan memperhatikan 3 (tiga) kriteria. Ketiga kriteria tersebut adalah :

  1. Kompleksitas. Merupakan tingkat kesulitan atau kerumitan materi atau pelajaran dalam setiap indikator di kompetensi dasar.
  2. Daya Dukung. Merupakan sarana/prasarana pendukung yang ada di sekolah, kemampuan guru dalam menyajikan pelajaran, lingkungan, dan biaya.
  3. Intake. Merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik di sebuah sekolah.
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dinyatakan dalam rentang nilai 0 – 100.
Dengan memperhatikan beberapa kriteria di atas, tentunya setiap guru kelas diwajibkan menghitung nilai KKM yang harus ditetapkan di awal tahun pelajaran. Hal ini merupakan tugas dari setiap guru. Jika diperhatikan, ini akan menjadi sangat rumit dan memerlukan ketelitian.
Nah.. Pada kesempatan ini saya akan membagikan Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2 4, dan 5 berbasis excel yang akan memudahkan tugas para rekan guru sekalian. Dengan menggunakan aplikasi ini, setiap guru tidak perlu lagi menghitung KKM.
Guru hanya melakukan penginputan nilai KKM pada setiap kompetensi dasar yang ada di kelas dalam 1 tahun. Setelah semua nilai berdasarkan kriteria di atas di input, maka nilai KKM yang ditetapkan akan muncul secara otomatis.
Silakan anda coba Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1,2 4, dan 5 ini. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.blogsekolah.net/

ARTIKEL TERKAIT •
Soal UH PAI dan BP Kelas 1 Bab 8 Kurikulum 2013