Beranda Buku Buku Siswa IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Siswa IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

75
0

Melengkapi artikel sebelumnya yang Admin bagikan mengenai Buku Guru IPS BG. Pada kesempatan tulisan artikel ini Admin akan membagikan Buku Siswa (BS) untuk mata pelajaran tersebut IPS. Kementrian pendidikan dan kebudayaan telah mengeluarkan Buku BG dan BS untuk revisi tahun 2018 pada jenjang SMP/MTs. Tidak semua kelas mendapatkan buku revisi terbaru tersebut, yang mendapatkan revisi terbaru adalah untuk Kelas 9 sebagai persiapan untuk kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran baru 2018-2019. Bagi Anda Bapak dan Ibu Guru yang mengampu pada kelas tersebut tentunya wajib memiliki Buku Guru dan Siswa ini sebagai pegangan sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

Membantu Bapak dan Ibu dalam memiliki buku revisi terbaru dari Kemendikbud tersebut, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan link download file tersebut dapat bentuk Pdf untuk kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 dijenjang SMP dan MTs. Buku yang Admin bagikan tersedia dalam semua mata pelajaran di Kelas 9. Selengkapnya mengenai Buku Siswa tersebut dapat Anda simak dan unduh sesuai dengan mapel yang Anda ampu dibawah ini.

Disklaimer: Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email [email protected] diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Mapel IPS Kurikulum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan siswa menjadi:

  1. manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; 
  2. manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan 
  3. warga negara yang demokratis, bertanggung jawab.
ARTIKEL TERKAIT •
Contoh Kalimat Participle as The Adverb in The Adverb Phrase

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.

  1. Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
  2. Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar.
  3. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  4. Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  5. Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.
  6. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
ARTIKEL TERKAIT •
Pengumuman Penetapan Calon Peserta PPG Daljab Tahap 2 tahun 2018

Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang siswa pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar.
Rumusan Kompetensi inti sebagai berikut.

  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
  5. Kompetensi Inti (KI) berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar.

Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan Kompetensi Inti sebagai berikut:

  1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
  2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3;
  4. Kelompok 4: Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
ARTIKEL TERKAIT •
RPP Seni Budaya Kelas XII Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2018

Link Download Buku Siswa Kelas 9 Kurikulum 2013 revisi Tahun 2018

IPS
Buku Siswa IPS SMP/MTs Kelas 9 Edisi Revisi 2018.pdf UNDUH

Baca Juga :

Itulah informasi dan file Buku yang dapat Admin bagikan pada kesempatan artikel ini untuk kelas 9, buku terbaru edisi revisi terbaru 2018 dari kemendikbud. Semoga file Buku Guru dan Siswa dapat bermanfaat dalam pembelajaran yang Anda laksanakan.


Sumber https://www.m4th-lab.net/