Beranda Informasi Cara Menjadi Bendahara BOS yang Taat Pajak

Cara Menjadi Bendahara BOS yang Taat Pajak

16
0
Bendahara BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah bendahara yang ditunjuk pemerintah untuk mengelola dana BOS di lingkungan sekolah. Sebelum menjadi seorang bendahara BOS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menjadi bendahara bukan sekedar menghitung atau mengelola keuangan sekolah, namun ada beberapa hal penting lain yang perli diperhatikan.


www.pixabay.com


Menjadi bendahara BOS tak hanya mengelola keuangan dan membuat laporan saja, tetapi di dalamnya ada kewajiban perpajakan yang tidak bisa dilepaskan dari penggunaan dana BOS.  Seorang bendahara BOS harus mengetahui dan mentaati ketentuan perpajakan atas dasar penggunaan dana BOS sekolah.


Lalu, apa saja kewajiban perpajakan dari penggunaan dana BOS bagi Bendahara? Beberapa tugas yang wajib diketahui dan dipatuhi oleh seorang bendahara BOS mengenai masalah perpajakan dana BOS antara lain sebagai berikut.

Menghitung pajak

Yang pertama adalah menghitung pajak. Ada beberapa ketentuan yang mengatur tentang pengenaan pajak atas dasar penggunaan dana BOS. Seorang bendahara harus jeli dan mampu mengidentifikasi jenis pengeluaran penggunaan dana BOS yang terkena pajak, baik itu Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21, Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23, maupun Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Memotong/memungut pajak

Setelah menghitung nominal pajak yang dikenakan atas dasar pengeluaran Dana BOS, tugas selanjutnya adalah memotong atau memungut pajak yang dikenakan tersebut. Kemudian dibukukan ke dalam Buku Pembantu Pajak.

Menyetor pajak ke kas Negara

Setelah memotong besaran pajak yang dikenakan, tugas bendahara selanjutnya adalah melakukan pembayaran atau penyetoran pajak. Pembayaran pajak bisa dilakukan secara online dengan menggunakan E-Billing Pajak. Setelah mendapat kode Billing pajak, bendahara bisa membayar pajak di kantor pos terdekat atau via ATM.

Melaporkan pajak

Dan yang terakhir adalah melakukan pelaporan pajak. Hal ini merupakan hal wajib, terutama untuk PPh. Pasal 21 dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang wajib dilaporkan setiap bulan walaupun tidak ada transaksi pajak yang terjadi.



Menjadi bendahara BOS yang taat pajak itu sebenarnya tidaklah sulit. Yang diperlukan adalah kemauan untuk belajar dan melaksanakan segala tanggung jawabnya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

Demikian artikel mengenai Cara Menjadi Bendahara BOS yang Taat Pajak. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.blogsekolah.net/

ARTIKEL TERKAIT •
Download Soal UKK PKn Kelas 1 Semester Genap