Beranda Informasi Cara Menyusun Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) BOS Tahun 2018

Cara Menyusun Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) BOS Tahun 2018

74
0

Cara Menyusun Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) BOS Tahun 2018Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) BOS merupakan sebuah laporan yang disusun oleh sekolah dalam rangka mempertanggung jawabkan penggunaan dana BOS yang didapat setiap triwulan sesuai alokasi daya yang didapat sekolah.

LPJ BOS biasanya disusun setiap akhir triwulan ketika dana BOS yang didapat telah digunakan seluruhnya. Isi dari LPJ BOS biasanya terdiri dari pembukuan transaksi BOS yang terjadi selama satu triwulan yang disertai bukti fisik yang valid untuk setiap transaksi yang terjadi.

Sebelum menyusun LPJ BOS, ada baiknya terlebih dahulu untuk membaca dan mencermati pedoman penggunaan dana BOS, baik itu Juknis BOS Untuk PAUD, Juknis BOS Untuk Sekolah atau Juknis BOS Untuk Madrasah terbaru.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Menyusun Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skills )

Susunan LPJ BOS

Untuk membuat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) BOS, yang harus anda perhatikan adalah susunan dalam format laporan tersebut. Adapun format susunan laporan LPJ BOS yaitu :

  1. Cover (Sampul)
  2. Halaman Pengesahan
  3. Format RKAS dan RAPBS BOS
  4. Format RPD BOS
  5. Format Realisasi Penggunaan Dana BOS
  6. Format Buku Kas Umum, Buku Pembantu Bank, Buku Pembantu Kas Tunai, Buku Pembantu Pajak
  7. Bukti Fisik (Berupa Kwitansi, Nota/Faktur, Tanda Terima, atau bukti fisik lainnya)
  8. SSP Pajak BOS
Semua format laporan tersebut dijilid menjadi satu dengan sampul plastik tembus pandang dan digandakan sesuai kebutuhan pelaporan sekolah (termasuk arsip).

Laporan Online ke Laman BOS

Selain laporan berupa dokumen cetak yang disampaikan ke dinas pendidikan, Tim BOS Sekolah juga harus menyampaikan laporan penggunaan dana secara online ke laman BOS http://bos.kemdikbud.go.id. Informasi penggunaan dana yang disampaikan sebagai laporan online merupakan informasi yang didapat dari laporan rekapitulasi penggunaan BOS tiap triwulan.
Laporan ini harus diunggah ke laman BOS setiap triwulan pada awal triwulan berikutnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Jenis Pembukuan BOS Sesuai Juknis BOS Tahun 2018

Baca : Cara Lapor BOS Online 2018

Ketentuan Bukti Fisik Dalam LPJ BOS

Ada Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Mengenai Bukti Fisik SPJ BOS. Beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain sebagai berikut :
  1. Kwitansi dibuat untuk semua transaksi yang terjadi dalam penggunaan dana BOS. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan kwitansi adalah tempat/tanggal kwitansi, disetujui dan ditandatangani oleh kepala sekolah, dibayar lunas oleh bendahara sekolah, dan pada bagian penerima wajib disertakan tanda tangan, nama jelas, materai, dan cap/stempel jika memang membeli barang/jasa resmi. Baca : Perbedaan Penggunaan Materai 3.000 dan 6.000 Dalam Laporan BOS.
  2. Nota/Faktur digunakan untuk mencatat detail pembelian atau pengadaan barang/jasa dari toko resmi yang didalamnya tertulis rincian barang/jasa, harga satuan, kuantitas, dan jumlah total. Dalam nota/faktur pembelian juga wajib terteran tempat/tanggal pembelian, nama toko/layanan resmi, nama jelas penjual, tanda tangan, dan cap/stempel resmi.
  3. Tanda Terima digunakan untuk transaksi yang sifatnya berupa penerimaan misalnya honor GTT, transport kegiatan, insentif pegawai, upah, dan sebagainya. Tanda terima harus jelas memuat nama-nama penerima, jenis transaksi, rincian biaya, potongan pajak sampai jumlah total diterima serta tanda tangan. 
  4. Bukti fisik lainnya bisa berupa foto barang untuk pembelian barang atau foto kegiatan yang bisa menjadi bukti sah dalam transaksi yang terjadi.

Demikian artikel mengenai Cara Menyusun Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) BOS Tahun 2018. Semoga bermanfaat.


Sumber https://bendaharadanabos.blogspot.com/

ARTIKEL TERKAIT •
Contoh Format Rencana Kerja Sekolah (RKS) Tahun 2018