Beranda Informasi Ciri-Ciri Kelas Yang Nyaman dan Membuat Betah Siswa

Ciri-Ciri Kelas Yang Nyaman dan Membuat Betah Siswa

10
0

Ciri-Ciri Kelas Yang Nyaman dan Membuat Betah Siswa – Kelas merupakan tempat yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebagian besar waktu pada jam sekolah akan banyak dihabiskan di dalam kelas. Kelas yang nyaman adalah kelas yang bisa membuat penghuninya merasa betah berlama-lama didalamnya dan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan. Sebaliknya, kelas yang buruk akan membuat siswa bahkan guru menjadi tidak betah berlama-lama didalamnya.

Sumber Gambar : www.pixabay.com

Membuat kelas yang nyaman bukanlah sebuah perkara yang sulit. Peran guru sangat penting dalam pengelolaan terhadap ruang kelas. Guru adalah orang yang bertanggung jawab dan mempunyai kuasa dalam kelas. Bagaimana guru membimbing dan mengajak siswanya mengelola kelas akan mempengaruhi tingkat kenyamanan pada kelas tersebut.

Guru yang kreatif dan punya banyak inovasi akan menghasilkan sebuah kelas yang menawan dan indah yang bisa membuat siswanya betah berlama-lama di dalam kelas. Guru tersebut akan mampu mengajak siswanya mengatur dan memperindah tampilan kelasnya menjadi sebaik mungkin.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Melakukan Perbaikan Data Master Lewat Verval PTK

Hal ini sangatlah penting sekali, karena kelas yang nyaman akan mempengaruhi semangat belajar siswa. sehingga pada akhirnya, hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi.


Apa saja ciri-ciri kelas yang nyaman dan bisa membuat betah siswa?

Berikut akan saya uraikan beberapa Ciri-Ciri Kelas Yang Nyaman dan Membuat Betah Siswa.

#1. Bersih dan Rapi

Kelas nyaman yang pertama adalah kelas yang bersih dan rapi. Ini merupakan poin wajib yang memang harus menjadi yang utama dalam mengelola kelas. Seperti beberapa peribahasa yang sering kita semua dengar.

Kebersihan pangkal kesehatan.Kebersihan pangkal keindahan.Kebersihan sebagian daripada iman.

Kelas itu seperti rumah kedua bagi siswa. Sesuatu yang bersih akan membuat penghuninya selalu merasa nyaman berada di dalamnya. Kelas yang bersih adalah kelas yang rutin dibersihkan setiap harinya.

ARTIKEL TERKAIT •
Rangkuman IPA Kelas 5 SD Semester 2 BAB 1 GAYA, GERAK DAN ENERGI

Mengelola kelas agar menjadi kelas yang bersih sangatlah mudah dilakukan oleh seorang guru. Guru hanya tinggal membuat jadwal piket kebersihan untuk semua siswanya. Dalam membuat jadwal piket ini, guru haruslah melibatkan semua siswa, guru menjelaskan dan membangun komitmen bersama dengan siswa betapa pentingnya menjaga kelas agar tetap bersih.

Guru menekankan kepada semua siswa agar menekankan bagian-bagian mana saja yang harus menjadi tanggung jawabnya. Misalnya membagi tugas setiap kelompok seperti siapa saja yang harus membersihkan ruang kelas, membersihkan halaman, menyiram bunga, membersihkan jendela dan ventilasi udara, menghapus papan tulis, serta membuang sampah.

Guru juga harus rutin memberikan contoh nyata serta melakukan pengecekan secara rutin terhadap kebersihan kelasnya.

Hal penting lainnya adalah kerapian kelas. Bersih saja tidak akan cukup. Selain bersih, kelas juga haruslah tertata dengan rapi. Misalnya meja dan kursi siswa, buku-buku yang ada di kelas, sampai barang apapun yang ada dikelas tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Pidato Tema Pengaruh Internet Terhadap Remaja, Pidato Tema Globalisasi, dan Pidato Tema Pendidikan

#2. Pencahayaan Cukup

Hal kedua yang harus membuat nyaman adalah kelas yang pencahayaannya cukup. Bisa anda bayangkan sendiri jika kelas yang anda gunakan untuk kegiatan belajar mengajar sangatlah gelap atau terlalu terang.

Pengaturan tata cahaya sangat penting disini, karena itu akan sangat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Kelas yang terlalu gelap akan menyulitkan penglihatan, baik itu bagi siswa maupun bagi guru sendiri. Sebaliknya kelas yang terlalu terang akan menyilaukan pandangan.

Sebagai seorang guru, anda harus memperhatikan hal ini. Gunakan jendela kaca secukupnya agar cahaya bisa masuk ke ruang kelas dengan tidak berlebihan. Jika kelas terlanjur cukup gelap, pasang lampu yang bisa membantu penerangan di kelas tersebut.

#3. Sirkulasi Udara Bagus

Hal ketiga yang bisa membuat nyaman kelas adalah sirkulasi udara yang ada pada kelas tersebut. Kelas yang nyaman adalah kelas yang mempunyai sirkulasi udara yang cukup. Kelas yang pengap dan panas akan membuat siswa menjadi gerah dan tidak nyaman dalam belajar.

ARTIKEL TERKAIT •
Info CPNS 2018 : Pemerintah Belum Keluarkan Pengumuman Resmi

Ventilasi udara yang ada pada ruang kelas akan membantu menjaga sirkulasi udara dalam kelas. Hal ini akan memungkinkan terjadinya pertukaran udara di ruang kelas, sehingga kelas menjadi tidak panas, menghilangkan bau, dan menjaga kadar oksigen yang ada di dalamnya.

Upayakan menempatkan ventilasi udara yang cukup dikelas. Bisa di atas jendela atau pintu kelas. Jika terlanjur kurang, tambahkan kipas angin atau bahkan Air Conditioner (AC) didalamnya.

#4. Tata Ruang Inovatif dan Dekoratif

Hal keempat yang membuat kelas menjadi nyaman adalah kelas yang penataan ruangnya penuh inovasi dan dekoratif. Hal ini lebih ditujukan untuk memperindah tampilan yang ada didalam kelas. Penataan ruang kelas menjadi sangat penting untuk menunjang kenyamanan. Sasuatu yang diletakkan pada tempatnya akan membuat enak dipandang.

ARTIKEL TERKAIT •
PDF Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 Tentang BAN S/M, dan BAN PAUD dan PNF

Berbicara tentang apa yang ada di dalam kelas bukan hanya masalah meja kursi dan papan tulis saja. Namun banyak hal lain yang memang wajib sebagai administasi yang ada di kelas. Misalnya papan data kelas, papan absensi, lemari, gambar-gambar, alat peraga pembelajaran, serta administrasi kelas lainnya.

Peran guru sangat penting dalam menata semua itu. Guru harus mampu manata semua itu sedekoratif mungkin, sehingga enak dipandang dan tidak mengganggu penglihatan.

Selain itu, guru harus mampu membuat kelas seinovatif mungkin. Hal ini akan membuat sebuah kelas menjadi sangat berbeda dengan kelas-kelas lainnya. Misalnya menambahkan galeri pajangan kelas, perpustakaan mini, majalah dinding kelas, pohon prestasi, atau menghias setiap sudut kelas dengan hasil kerja siswa.

Namun yang perlu diingat, hal ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan, karena jika itu terjadi dan kurang dirawat dengan baik, kelas malah akan tampak berantakan dan membuat tidak enak dipandang.

ARTIKEL TERKAIT •
Jurnal Harian/ Agenda Harian Guru Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018

#5. Asri

Hal kelima yang harus diperhatikan adalah keasrian kelas. Kelas itu bukan hanya sebuah ruang tempat belajar, namun mencakup segala bagian termasuk teras dan halaman yang ada di sana. Kelas yang asri adalah kelas yang banyak tanaman atau bunga-bunga yang dapat menyegarkan mata.

Guru harus mampu mengajak dan menjelaskan kepada setiap siswanya tentang pentingnya menjada keasrian kelasnya. Misalnya dengan menanam bunga-bunga yang indah dihalaman, atau menambahkan beberapa vas bunga sederhana di beberapa ruang kelas.

Selain menambahkan, siswa juga harus selalu diarahkan untuk menjaga dan merawat semua itu. Misalnya rutin menyiram bunga dihalaman, membersihkan rumput liar, mengganti bunga pada vas bunga yang telah layu.

Itulah beberapa Ciri-Ciri Kelas Yang Nyaman dan Membuat Betah Siswa. Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.blogsekolah.net/