Beranda Informasi Download Soal dan Pembahasan UN (UNBK dan UNKP) SMA 2018 Mata Pelajaran...

Download Soal dan Pembahasan UN (UNBK dan UNKP) SMA 2018 Mata Pelajaran Matematika

7
0


Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA baik UNBK (Ujian Nasional Berbasis Kompuetr) maupun UNKP (Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil) baru berakhir beberapa hari yang lalu. Akhirnya rasa penasaran kita mengenai soal-soal yang diujikan terjawab dan ternyata jauh di luar perkiraan kita. Tahun ini, Ujian Nasional tingkat SMA/MA mengalami perubahan yang signifikan dari Ujian Nasional (UN) tahun-tahun sebelumnya. Perubahan yang dimaksud diantaranya yaitu adanya bentuk soal isian singkat pada Soal Ujian Nasional Bidang Uji Matematika. 

Sesuai dengan kabar yang sejak lama beredar, UN tahun ini untuk bidang uji matematika terdapat soal isian singkat sebanyak 4 butir soal, atau 10% dari jumlah butir soal keseluruhan, 90% sisanya (36 butir soal) masih berbentuk soal pilihan ganda.

Selain dari bentuk soal yang mengalami perubahan, secara konten soal UN SMA/MA tahun ini khususnya bidang matematika mengalami perubahan secara konten, banyak soal tipe baru yang muncul yang jauh berbeda dengan soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya, dan hal inilah yang banyak dikeluhkan para peserta ujian. Soal dirasa terlalu sulit.

Benarkah Soal UN Tahun ini (2018) Lebih Sulit dari UN Tahun-tahun Sebelumnya?

Secara pribadi, saya melihat banyak soal tipe baru yang keluar. Meskipun demikian, soal-soal tipe lama beberapa diantaranya masih banyak pula yang keluar/diujikan bahkan beberapa soal “daur ulang” sama persis dengan soal UN beberapa tahun kebelakang-pun ada yang digunakan kembali. Jadi menurut saya pribadi UN tahun ini masih tetap dalam koridor UN seharusnya. Siswa menganggap soal UN tahun ini lebih sukar karena soal-soal tersebut kurang familiar bagi mereka. Ya, beberapa soal yang diujian merupakan tipe soal yang membutuhkan kemampuan berpikir lebih tinggi (HOTS), sementara saat pengayaan/persiapan menghadapi Ujian Nasional siswa dilatih dengan sipe-tipe soal UN yang pernah diujikan (umum), jadi wajar saat menemukan soal tipe baru mereka kesulitan. Jadi kesimpulannya jika dilihat dari sudut pandang siswa soal UN tahun ini lebih sulit dari soal UN tahun-tahun sebelumnya.

Adakah Perbedaan Soal UNBK dan UNKP?

Tahun ini, belum 100% Ujian Nasional Berbasis Komputer. Beberapa sekolah masih ada yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Secara umum soal yang diujikan antara UNBK dan UNKP tidak ada perbedaan signifikan, meskipun ada beberpa soal yang muncul pada UNBK namun belum saya temukan pada UNKP, untuk sementara saya menyimpulkan soal UNBK lebih variatif dibanding soal UNKP namun perbendaanya tidak terlalu jauh, secara garis besar soal masih sejenis. Jika teman teman penasaran, teman-teman bisa bandingkan sendiri dengan mendownload soal UNKP yang akan saya bagikan di blog ini dan soal UNBK hasil ketik ulang (retype) yang saya bagikan pada laman ini pula.


Download Soal UNBK dan UNKP

Mengingat perubahan UN tahun ini begitu ramai diperbincangkan, pasti banyak dari teman-teman yang penasaran sebenarnya seperti apa soal UN tahun ini yang bahkan sampai membuat Bapak Menteri meminta maaf. Berikut ini soal UNBK/UNKP yang dapat teman-teman download: 

UN Matematika SMA 2018 Program IPA:

ARTIKEL TERKAIT •
Download Soal UKK PKn Kelas 6 SD Semester 2 TA 2015-2016+Kunci Jawaban
UN Matematika 2018SoalPembahasan
Paket 1DownloadDownload
Paket 2DownloadDownload
Paket 3DownloadDownload
Paket 4DownloadDownload
Paket 5DownloadDownload
Paket 6DownloadDownload
Paket 7DownloadDownload
Paket 8DownloadDownload
Paket 9DownloadDownload
Paket 10DownloadDownload


UN Matematika SMA 2018 Program IPS:

UN Matematika 2018SoalPembahasan
Paket 1DownloadDownload
Paket 2DownloadDownload
Paket 3DownloadDownload
Paket 4DownloadDownload
Paket 5DownloadDownload
Paket 6DownloadDownload
Paket 7DownloadDownload
Paket 8DownloadDownload
Paket 9DownloadDownload
Paket 10DownloadDownload

Baca juga : Download Naskah Asli Soal UN Fisika 2018

Untuk mendownload file-file di blog ini, pastikan sebelumnya sudah login ke akun gmail atau google drive terlebih dahulu, jika masih mengalami kendala silakan coba menggunakan PC/laptop.

Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube belajarpoin untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


belajarpoin Youtube Channel: 


belajarpoin Facebook Fans Page:


belajarpoin Telegram Channel:

@banksoalmatematika


ARTIKEL TERKAIT •
Kisi-kisi Tema 5 Kelas 5 Bahasa Indonesia, IPA UAS I Th. 2014/2015


Sumber https://www.m4th-lab.net/