Beranda Informasi Format BOS Buku Kas Umum (K-3), Buku Pembantu Kas (K-4), Buku Pembantu...

Format BOS Buku Kas Umum (K-3), Buku Pembantu Kas (K-4), Buku Pembantu Bank (K-5), dan Buku Pembantu Pajak (K-6)

96
0

Format BOS Buku Kas Umum (K-3), Buku Pembantu Kas (K-4), Buku Pembantu Bank (K-5), dan Buku Pembantu Pajak (K-6) – Salah satu tugas bendahara sekolah (bendahara BOS) adalah melakukan pembukuan atas setiap transaksi yang terjadi dalam penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Beberapa contohnya adalah pembukuan dengan Format BOS K-3, K-4, K-5, dan K-6.

Tujuannya tentu agar setiap transaksi penggunaan dana BOS menjadi tertib administrasi dan juga digunakan sebagai bahan pelaporan BOS sehingga jika suatu hari diperlukan dapat dengan mudah ditemukan arsip laporan tersebut. Hal ini tentu sesuai dengaan Juknis BOS Terbaru Tahun 2018 Tentang Penggunaan Dana BOS yang mengharuskan setiap bendahara melakukan pembukuan.

ARTIKEL TERKAIT •
Buku Panduan Sukses Bendahara BOS Jenjang SMK Terbaru

Jika pada artikel sebelumnya saya telah membagikan Format BOS K-7 dan K-7a Sesuai 11 Komponen BOS Terbaru, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan  Contoh Format BOS K-3, K-4, K-5, dan K-6.

Format BOS K-3, K-4, K-5, dan K-6

Buku Kas Umum

Buku Kas Umum (BKU) disusun untuk masing-masing rekening bank yang dimiliki oleh sekolah. Pembukuan dalam BKU meliputi semua transaksi eksternal, yaitu yang berhubungan dengan pihak ketiga dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. kolom penerimaan memuat penerimaan dari penyalur dana (BOS atau sumber dana lain), penerimaan dari pemungutan pajak, dan penerimaan jasa giro dari bank; dan
  2. kolom pengeluaran memuat pengeluaran untuk pembelian barang dan jasa, biaya administrasi bank, pajak atas hasil dari jasa giro, dan setoran pajak.

BKU harus diisi tiap transaksi (segera setelah transaksi tersebut terjadi dan tidak menunggu terkumpul satu minggu/bulan) dan transaksi yang dicatat di dalam buku kas umum juga harus dicatat dalam buku pembantu, yaitu buku pembantu kas, buku pembantu bank, dan buku pembantu pajak. Formulir yang telah diisi ditandatangani oleh Bendahara dan Kepala Sekolah.

ARTIKEL TERKAIT •
Jenis Pembukuan BOS Sesuai Juknis BOS Tahun 2018

Buku Pembantu Kas

Buku ini harus mencatat tiap transaksi tunai dan ditandatangani oleh Bendahara dan Kepala Sekolah.

Buku Pembantu Bank

Buku ini harus mencatat tiap transaksi melalui bank (baik cek, giro maupun tunai) dan ditandatangani oleh Bendahara dan Kepala Sekolah.

Buku Pembantu Pajak

Buku pembantu pajak berfungsi mencatat semua transaksi yang harus dipungut pajak serta memonitor pungutan dan penyetoran pajak yang dipungut selaku wajib pungut pajak.

Format BOS K-3, K-4, K-5, dan K-6 ini dalam bentuk Microsoft Office Excel jadi bisa dengan mudah diedit sesuai kebutuhan sekolah. Silakan unduh pada link yang ada di bawah ini :

Format BOS K-3, K-4, K-5, dan K-6

Demikian artikel mengenai Format BOS Buku Kas Umum (K-3), Buku Pembantu Kas (K-4), Buku Pembantu Bank (K-5), dan Buku Pembantu Pajak (K-6). Semoga bermanfaat.
Sumber https://bendaharadanabos.blogspot.com/

ARTIKEL TERKAIT •
Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 Terbaru