Beranda Informasi Juknis Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik BOP PAUD Tahun 2018

Juknis Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik BOP PAUD Tahun 2018

15
0

Juknis Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik BOP PAUD Tahun 2018Kemdikbud telah mengeluarkan Permendikbud Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Nonfisik Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018.

DAK Nonfisik BOP PAUD adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini.

Adapun Petunjuk Teknis DAK Nonfisik BOP PAUD bertujuan untuk pemanfaatan DAK Nonfisik BOP PAUD tepat sasaran dalam mendukung operasional penyelenggaraan PAUD secara
efektif dan efisien; dan pertanggungjawaban keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD dilaksanakan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan.

Baca :

ARTIKEL TERKAIT •
RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas 8 Semester 1 dan 2 Lengkap

Juknis DAK Nonfisik BOP PAUD Tahun 2018

Sasaran Bantuan

Sasaran program DAK Nonfisik BOP PAUD adalah anak usia dini yang terlayani di Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal di wilayah Indonesia yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat, serta memiliki peserta didik terdata dalam Dapodik PAUD dan Dikmas. Sasaran DAK Nonfisik BOP PAUD tidak berlaku bagi:

  1. Anak usia dini yang terlayani di Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal yang menetapkan iuran atau pungutan yang melebihi ketentuan pemerintah daerah yang berlaku; dan
  2. Anak usia dini yang terlayani di Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal atas dasar kerja sama dengan lembaga pendidikan asing Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK).
ARTIKEL TERKAIT •
RPP Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kurikulum 2013 Revisi 2018

Alokasi Dana

Pengalokasian besaran DAK Nonfisik BOP PAUD dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah menggunakan perhitungan sebagai berikut:

  1. Jumlah peserta didik yang dilayani Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Nonformal yang tercatat pada Dapodik PAUD dan Dikmas per akhir bulan Juli tahun anggaran sebelumnya; dan
  2. Satuan biaya BOP PAUD sebesar Rp.600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per peserta didik per tahun.

Penyaluran Dana

  1. Penghitungan alokasi penyaluran DAK Nonfisik BOP PAUD dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal yang mendapatkan DAK Nonfisik BOP PAUD berdasarkan data riil jumlah anak yang dilayani sesuai dengan data yang ada di Dapodik PAUD dan Dikmas.
  2. Jika terdapat sisa alokasi (silpa) DAK Nonfisik BOP PAUD tahun sebelumnya menjadi bagian dari alokasi dana DAK Nonfisik BOP PAUD tahun berikutnya.
  3. Apabila ketersediaan DAK Nonfisik BOP PAUD lebih kecil dari data riil, maka pemerintah daerah dapat mengajukan tambahan alokasi DAK Nonfisik BOP PAUD ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat sepanjang dana cadangan (buffer) masih tersedia.
  4. Penyaluran DAK Nonfisik BOP PAUD mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan;

Juknis DAK Nonfisik BOP PAUD Tahun 2018

Untuk lebih lengkapnya silakan unduh Permendikbud Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Nonfisik Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018 di bawah ini :
Juknis DAK BOP PAUD Tahun 2016
Demikian artikel mengenai Juknis Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik BOP PAUD Tahun 2018. Semoga bermanfaat.


Sumber https://bendaharadanabos.blogspot.com/

ARTIKEL TERKAIT •
Prediksi TUC UN/US IPA Kelas 6 SD Semester 2 TA 2014/2015