Beranda Informasi Macam-Macam Hukuman (Punishment) Bagi Peserta Didik

Macam-Macam Hukuman (Punishment) Bagi Peserta Didik

4
0

Macam-Macam Hukuman (Punishment) Bagi Peserta Didik  – Dalam ranah pendidikan, dalam hal ini skolah, hukuman dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang guru yang dijatuhkan kepada peserta didiknya secara sadar dan sengaja sehingga menimbulkan efek jera (Amir Daien Indrakusuma).

Sumber Gambar : www.pixabay.com

Hukuman merupakan hal lumrah yang sering dilakukan guru  dalam menghadapi seuah tindakan indisipliner dari peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tujuan diberikannya hukuman adalah agar peserta didik menjadi sadar dan berjanji tidak akan mengulanginya.

Ada banyak sekali variasi jenis hukuman yang bisa diberikan seorang guru kepada peserta didiknya yang kurang disiplin. Namun tidak semua hukuman tesebut cocok atau boleh diberikan kepada peserta didik. Ada beberapa faktor yang harus di ketahui oleh seorang guru sebelum memutuskan memberi hukuman kepada peserta didik.

ARTIKEL TERKAIT •
Pengenalan Lingkungan Sekolah Gantikan MOS/MOPD

Salah satunya adalah dampak dari pemberian hukuman tersebut. Seorang guru dilarang memberikan hukuman kepada peserta didik jika nantinya efek dari hukuman yang diberikan tersebut justru akan berdampak buruk bagi perkembangan peserta didik.

Lalu apa saja macam-macam hukuman tersebut. Simak ulasannya di bawah ini!

#1. Menatap Tajam Peserta Didik
Jika ada seorang atau bahkan beberapa peserta didik yang melanggar tata tertib di kelas atau sekolah, guru dapat memberikan hukuman yang paling ringan, yaitu dengan menatap tajam mata peserta didik yang melanggar dan mendiamkannya. Hal ini biasanya akan membuat peserta didik takut dan menjadi sadar telah melakukan kesalahan.

#2. Menegur Peserta Didik
Jika cara pertama tidak ada perbaikan atau kurang membuat jera peserta didik, guru dapat menegur atau memperingatkan peserta didiknya untuk tidak melakukan perilaku buruk tersebut dengan bahasa yang lugas, tegas, dan singkat. Misalnya : “Diam!“, “Duduk dengan Tenang!“, atau ” Perhatikan baik-baik!“.

ARTIKEL TERKAIT •
Jadwal Pendaftaran Penerimaan CPNS Tahun 2018 Portal SSCN BKN

#3. Menghilangkan Privelege
Jika kedua cara diatas tidak membuat perubahan, maka guru dapat menghilangkan privelege (hak-hak istimewa) peserta didik tersebut, misalnya tidak boleh mengikuti pelajaran, tidak boleh mengikuti ulangan, dan sebagainya.

#4. Penahanan Di Kelas
Guru juga dapat menghukum peserta didiknya yang melanggar tata tertib kelas dengan menahannya di dalam kelas. Biasanya guru akan memanggil peserta didik, kemudian memintanya untuk berdiri di depan peserta didik lainnya selama pelajaran berlangsung. Namun hukuman ini kurang bagus, karena kebanyak justru akan membuat peserta didik seakan dipermalukan di kelasnya.

#5. Hukuman Badan
Hukuman badan misalnya adalah mencubit, menjewer, dan sejenisnya. Sebaiknya sebisa mungkin guru harus menghindari hukuman ini bagaimanapun keadaannya, karena tidak meutup kemungkinan dapat menimbulkan cedera bahkan mambuat efek sakit hati bagi peserta didik.  Sakit hati akan sangat sulit diobati dibandingkan cedera tubuh, dan bisa menimbulkan efek buruk bagi perkembangan mental peserta didik. Hukuman jenis ini sangat tidak diperkenankan.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal UAS IPS Kelas 2 Semester 1/ Ganjil

#6. Memberi Skor Pelanggaran
Hukuman ini bisa diberikan kepada peserta didik dengan memberikan skor pelanggaran. Biasanya penyekoran tersebut diatur dengan kriteria atau prosedur tertentu. Untuk memberikan hukuman jenis ini, guru harus bekerja sama dengan perwakilan peserta didik untuk menentukan kriteria penentuan skor hukuman.

#7. Kartu Hukuman
Hukuman jenis ini diberikan dengan menempelkan jenis-jenis kartu dengan warna dan jenis hukuman berbeda bagi peserta didik. Guru bisa menggunakan kartu stiker berwarna yang dapat ditempelkan di meja peserta didik. Jenis hukumannya bisa berupa memimpin do’a dalam jangka waktu tertentu, piket tambahan, mengerjakan tugas lebih banyak, dan sebagainya. Hukuman tersebut dapat guru tuliskan di kartu yang ditempelkan tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Latihan Soal PKn UAS I 6 SD Semester 1 TA 2014/2015

Kesimpulan

Jadi, jenis hukuman mana yang biasa anda berikan?

Jenis hukuman manapun yang anda berikan kepada peserta didik, ada baiknya anda lebih memperhatikan dampak dari hukuman tersebut. Hindari hukuman yang menyangkut fisik, dan berikan hukuman yang lebih mendidik dan membuat mereka menjadi lebih baik.

Demikian artikel mengenai Macam-Macam Hukuman (Punishment) Bagi Peserta Didik. Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.blogsekolah.net/