Beranda Informasi Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Peserta Didik

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Peserta Didik

6
0

Pada artikel berikut, saya akan membagikan artikel tentang Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Peserta Didik. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan sebuah kegiatan non pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik di lingkungan sekolah diluar jam sekolah kurikulum standar.

Manfaat Ekstrakurikuler

Ada beberapa manfaat positif yang bisa diperoleh peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh antara lain sebagai berikut :

#1. Melatih Kemandirian

Manfaat yang pertama adalah kegiatan ekstrakurikuler dapat melatih kemandirian peserta didik. Pada dasarnya, anak usia sekolah khususnya sekolah dasar masih sangat tergantung dengan orang tuanya di rumah.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler tersebut, siswa mau tidak mau harus lepas dari pengaruh orang tuanya di rumah. Ia akan belajar mandiri, mulai dari mempersiapkan semuanya sendiri, dan lepas dari orang tuanya ketika sedang berada di sekolah.

ARTIKEL TERKAIT •
Download Soal UAS Ganjil Kelas 6 Semester 1 : Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKn, Agama Islam, Bahasa Inggris

#2. Melatih Kerjasama dengan Peserta Didik Lain

Manfaat yang kedua adalah melatih kerjasama dengan peserta didik lain. Di kegiatan ekstrakurikuler siswa tidak hanya akan melakukan kegiatan secara sendiri, namun ia akan bersama dengan banyak sekali peserta didik lainnya.

Di sini peserta didik akan belajar tentang arti penting sebuah kerjasama. Dengan bekerja sama tentu hal ini akan mengajarkan kepada mereka tentang hakikat setia manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri, namun selalu membutuhkan bantuan orang lain.

Ia akan belajar bagaimana cara memecahkan masalah secara bersama-sama dengan peserta didik lain. Karena pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler orientasinya adalah secara berkelompok dengan peserta didik lain.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal PTS Tema 1 Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum 2013

#3. Menambah Pengetahuan

Manfaat yang ketiga adalah untuk menambah ilmu dan pengetahuan peserta didik. Terutama tentang kegiatan diluar pembelajaran di sekolah. Di sini pengetahuan peserta didik akan bertambah dan berkembang sesuai dengan jenis kegiatan yang diikutinya.

Peserta didik akan akan belajar dan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menjadi seorang peminmpin. Belajar menjadi pribadi yang bertanggung jawab, baik itu bagi dirinya sendiri, maupun dengan rekannya.

#4. Menemukan dan Mengembangkan Bakat

Manfaat yang keempat adalah kegiatan ekstrakurikuler sebagai ajang untuk menemukan dan mengembangkan bakat peserta didik. Bakat merupakan kelebihan dalam bidang tertentu yang dimiliki oleh setiap orang.

Pada dasarnya, bakat setiap orang itu berbeda-beda. Tidak gampang untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Kalau mereka tidak tahu apa bakat yang dimilikinya, maka ia harus menemukan bakat tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal Bahasa Jawa dan Kunci kompos dalam

Kegiatan ekstrakurikuler ini salah satu tujuannya adalah untuk membantu peserta didik dalam menemukan bakat yang dimilikinya, kemudian mengembangkannya secara lebih lanjut.

#5. Mengajarkan Disiplin

Manfaat yang kelima adalah untuk melatih dan menanamkan pentingnya hidup disiplin. Disiplin merupakan salah satu kunci dari kesuksesan. Salah satu penekanan yang selalu menjadi hal pokok dalam kegiatan ekstrakurikuler adalah mengajarkan tentang disiplin.

Peserta didik akan diajarkan bagaimana disiplin, baik itu disiplin waktu, disiplin pada tanggung jawab yang dipikulnya, atau disiplin tentang apapun yang dilakukannya. Misalnya mereka akan diajarkan bagaimana datang tepat waktu, mengerti mana waktu untuk belajar atau bermain, sampai disiplin dalam mengikuti semua kegiatan sampai selesai.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal PKn Kelas 6 VI SD Semester 1 Kurikulum 2013 UTS I TA 2014/2015

#6. Menyalurkan Minat

Manfaat yang keenam adalah sebagai wadah untuk menyalurkan minat peserta didik. Pada dasarnya ada beragam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh peserta didik di sekolah. Beberapa di antaranya adalah pramuka, drumband, palang merah remaja, dokter kecil, seni tari, atau yang lainnya.

Disini peserta didik bisa memilin mana kegiatan yang memang sesuai minat dan apa yang inginkannya, sehingga mereka akan merasa senang karena kegiatan yang diikutinya akan sesuai dengan apa yang mereka sukai.

#7. Mengisi Waktu Luang Peserta Didik

Manfaat yang ketujuh adalah untuk mengisi waktu luang. Ketika jam kegiatan sekolah berakhir, kebanyakan peserta didik akan memiliki banyak waktu luang yang tidak terpakai untuk kegiatan. Rata-rata dari mereka akan menggunakan waktu ini untuk bermain ataupun kegiatan lain yang tidak produktif.

ARTIKEL TERKAIT •
Download Soal Ujian Tengah Semester Ganjil UTS 1 IPS Kelas 1 Tahun 2017 / 2018

Mereka akan cenderung malas untuk belajar. Dengan adanya kegiatan ini, mau tidak mau mereka akan mengikutinya, sehingga tidak banyak waktu luang bagi mereka untuk bermain. Kegiatan ekstrakurikuler juga dapat menghindarkan mereka dari hal-hal yang negatif diluar sekolah, seperti merokok, bermain playstatsion, kebut kebutam atau yang lainnya.

Demikian artikel tentang Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Peserta Didik. Semoga bermanfaat


Sumber https://www.blogsekolah.net/