Beranda Informasi Mekanisme Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Mekanisme Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG)

10
0

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan pendidikan tinggi yang harus ditempuh oleh seorang guru untuk mendapatkan keahlian khusus sebagai seorang guru. Tujuannya tentu saja agar kompetensi dan profesional guru lebih terjamin dengan menjalani masa pendidikan selama 2 semester atau 1 tahun.

Pola pelaksanaan sertifikasi guru dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan, mulai dari portofolio, PLPG, PLPG Mode Pembekalan, dan yang terbaru melalui skema PPG. Perubahan ini tentu saja untuk lebih menghasilkan seorang guru yang lebih kompeten dan profesional pada bidang keahliaannya.

Untuk bisa mengikuti progran PPG ini, sorang guru harus memenuhi beberapa persyaratan. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru tersebut adalah sebagai berikut :

  • Belum memiliki sertifikat pendidik
  • Status Kepegawaian Guru (CPNS/PNS/Honor Daerah/GTY)
  • TMT Pengangkatan Maksimal Tahun 2015
  • Kualifikasi Pendidikan Wajiv D-IV/S-1
  • Usia Maksimal 58 Tahun pada Tahun 2018
Pemanggilan calon peserta Program PPG akan mendapatkan undangan lewat aplikasi SIM PKB. Undangan tersebut diberikan berdasarkan data guru yang tercatat pada aplikasi Dapodik. Selanjutnya guru yang telah mendapatkan undangan tersebut diharuskan mendaftar pada aplikasi SIM PKB.
Jika anda adalah seorang guru yang belum sertifikasi, namun belum (tidak) mendapatkan undangan mengikuti program PPG, maka yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan apah memang sudah memenuhi berbagai persyaratan atau memang data anda belum sesuai pada aplikasi dapodik. Jika memang ada kesalahan, maka segeralah diperbaiki dan di sinkron ulang.
Sebelum memasuki Program PPG, guru akan mengikuti serangkaian test (pre test) sebelum dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Program PPG sebagai Peserta PPG. Untuk waktu pelaksanaan test bisa anda cek secara rutin pada aplikasi SIM PKB.
Demikian penjelasan singkat mengenai Mekanisme Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.blogsekolah.net/

ARTIKEL TERKAIT •
Soal UKK PKn Kelas 3 SD Semester 2 UAS 2 TA 2013/2014