Beranda Informasi Perbedaan Belanja Pegawai, Belanja Barang/Jasa, dan Belanja Modal Dana BOS

Perbedaan Belanja Pegawai, Belanja Barang/Jasa, dan Belanja Modal Dana BOS

8
0

Pada artikel berikut ini saya akan membagikan informasi tentang Perbedaan Belanja Pegawai, Belanja Barang/Jasa, dan Belanja Modal Dana BOS. Sebagai seorang bendahara, tentunya anda akan disibukan dengan kegiatan pengelolaan dana BOS sekolah.

Dalam penggunaannya, anda tentu akan menemukan beberapa istilah seperti belanja pegawai, belanja barang/jasa, serta belanja modal dalam setiap penggunaan dana BOS tersebut. Dalam prakteknya di lapangan, masih banyak sekali bendahara sekolah yang mesih mengalami kesalahan atau bahkan belum mengerti cara mengklasifikasikan pengeluaran dana BOS berdasarkan ketika jenis pengeluaran tersebut.

Berikut ini akan saya paparkan apa saja perbedaan tentang belanja  pegawai, belanja barang/jasa, serta belanja modal.

Belanja Pegawai

Belanja pegawai adalah pembelanjaan yang dikeluarkan untuk pegawai (guru atau tenaga kependidikan) baik berupa uang atau barang. Pembiayaan jenis belanja ini biasanya seperti gaji guru honor, insentif tidak rutin seperti insentif penerimaan siswa baru, pengelolaan dana BOS, dan sejenisnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Soal UKK / UAS PKn Kelas 5 Semester 2 Terbaru Tahun 2018

Belanja Barang/Jasa

Belanja Barang/Jasa adalah pembelanjaan yang dikeluarkan untuk membeli atau mengadakan barang atau jasa yang habis pakai. Maksudnya adalah barang atau jasa tersebut tidak memiliki masa manfaat yang panjang. Biasanya masa manfaatnya kurang dari satu tahun.

Artinya barang/jasa tersebut merupakan habis pakai. Misalnya pengadaan ATK, biaya pulsa internet, biaya listrik dan langganan air, upah tukang, dan sejenisnya.

Belanja Modal

Belanja Modal adalah pembelanjaan yang dikeluarkan dalam rangka untuk menambah aset tetap yang memiliki masa manfaat dalam periode tertentu atau jangka panjang. Artinya barang yang dibeli tersebut tidak akan cepar rusak jika digunakan.

Contoh belanja modal antara lain adalah pengadaan laptop, printer, buku teks pelajaran, dan sejenisnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Download Aplikasi Android Try Out USBN IPA SD/MI Tahun 2018

Demikian penjelasan tentang Perbedaan Belanja Pegawai, Belanja Barang/Jasa, dan Belanja Modal Dana BOS. Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.blogsekolah.net/