Beranda Informasi Perbedaan Transaksi Tunai dan Non Tunai Dana BOS 2018

Perbedaan Transaksi Tunai dan Non Tunai Dana BOS 2018

20
0

Perbedaan Transaksi Tunai dan Non Tunai Dana BOS 2018 – Rencana untuk mengubah metode transaksi pembayaran/pembiayaan operasional sekolah yang berasal dari penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tampaknya akan segera direalisasikan mulai tahun 2018. Jika biasanya bendahara sekolah (bendahara BOS) hanya menggunakan transaksi tunai, maka mulai tahun ini akan sedikit berbeda, yakni menggunakan transaksi tunai dan non-tunai (Transfer melalui rekening).

Perbedaan Transaksi Tunai dan Non Tunai Dana BOS 2018

Transaksi Tunia dan Transaksi Non-Tunai memiliki perbedaan satu sama lain, yakni berdasarkan tata cara pembayaran dan alat pembayaran yang digunakan dalam sebuah transaksi yang digunakan. Apa saja perbedaan tersebut? Sebelum kami bahas, ada baiknya kita mengetahui menfaat/tujuan dari adanya sistem pembayaran ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Prediksi UKK IPA Kelas 3 SD Semester 2 UAS 2 TA 2013/2014

Manfaat Transaksi Non-Tunai

Beberapa manfaat yang diharapkan dapat tercapai dari adanya transaksi non-tunai dari penggunaan Dana BOS antara lain sebagai berikut :

  1. Mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan
  2. Mencegah transaksi illegal (korupsi)
  3. Mewujudkan tertib administrasi pengelolaan kas

Perbedaan Sistem Pembayaran Tunai dan Non-Tunai

Sistem pembayaran merupakan sistem yang mencakup pemindahan dana (uang) dari satu pihak kepihak yang lain guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Sistem pembayaran terdiri atas 2 jenis, yakni Sistem Pembayaran Tunai dan Sistem Pembayaran Non-Tunai.

Perbedaan keduanya antara lain sebagai berikut :

  • Sistem Pembayaran Tunai merupakan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan instrument berupa uang kartal (uang kertas dan logam).
  • Sistem Pembayaran Non Tunai merupakan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan instrument berupa  Alat pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), cek, bilyet giro, uang elektronik atau sejenisnya.

Pelaksanaan transaksi non tunai pada pemerintah daerah dilaksanakan paling lambat tanggal 1 Januari 2018 yang meliputi seluruh transaksi :
  1. penerimaan daerah yang dilakukan oleh penerimaan/bendahara penerimaan pembantu; dan
  2. pengeluaran daerah yang dilakukan oleh bendahara pengeluaran/ bendahara peugeluaran pembantu

Dalam hal karena pertimbangan keterbatasan infrastruktur yang terkait dengan penyelengg transaksi non tunai di daerah, pemerintah daerah dapat melaksanakan transaksi non tunai dimaksud secara bertahap dengan melakukan pembatasan penggunaan uang tunai dalam pelaksanaan transaksi penerimaan oleh bendahara penerimaan/bendahara penerimaan pembantu dan transaksi pengeluaran oleh bendahara pengeluaran/bendahara pengeluaran pembantu yang ditetapkan oleh Gubernur/Bupati/Walikota.

Demikian artikel mengenai Perbedaan Transaksi Tunai dan Non Tunai Dana BOS 2018. Semoga bermanfaat.


Sumber https://bendaharadanabos.blogspot.com/

ARTIKEL TERKAIT •
Soal UAS Matematika Kelas 4 SD/MI Semester 1/Ganjil Untuk Latihan UAS TP.2015/2016