Beranda Administrasi Tujuan dan Manfaat RKT (Rencana Kerja Tahunan) Tahun 2018

Tujuan dan Manfaat RKT (Rencana Kerja Tahunan) Tahun 2018

29
0

Salah satu dokumen yang harus di buat oleh setiap sekolah yaitu RKTS atau Rencana Kerja Tahunan Sekolah untuk jenjang SD SMP SMA SMK. Setiap Sekolah wajib membuat RKT tersebut dengan baik dan benar. Masih bayak orang yang belum memahami mengenai pengertian, fungsi dan manfaat setiap sekolah membuat RKT. Berikut akan Admin informasikan mengenai hal tersebut untuk pembuatan yang dimulai pada tahun 2018.

Kegiatan Belajar Mengajar yang diselenggarakan keberadaanya sangat membantu masyarakat dalam memenuhi tuntutan pengetahuan melalui jalur bidang pendidikan terutama pendidikan agama Islam, sehingga segenggam harapan terlahir dari hati nurani yang sangat dalam yang di motivasi oleh semangat belajar siswa/i serta simpati masyarakat sekitar, walau dalam kondisi ekonomi yang tak menentu, namun mereka tetap berupaya untuk dapat ke luar dari kebodohan dan keterbelakangan, guna mengejar ketinggalan langkah saudaranya yang jauh lebih maju.
Dalam perjalanan selanjutnya banyak hal yang perlu dibenahi, dilengkapi, ditingkatkan dan disempurnakan. Oleh karena itu dari hasil evaluasi program-program sebelumnya, Kerja 4 (empat) tahun ke depan adalah menyusun program rencana kerja Sekolah(RKS) yang memuat; manfaat RKT, tujuan RKT, Landasan Hukum, Visi, Misi dan tujuan sekolah, Rencana Kegiatan, dan Anggaran Sekolah (RKAS).

ARTIKEL TERKAIT •
Apa Saja Fungsi dan Bagian Yang Terdapat Dalam Bunga ?

Manfaat RKT
RKT penting dimiliki untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku sekolah dalam rangka menuju perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Dengan adanya RKT diharapkan dapat dijadikan sebagai: (1) pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan sekolah, (2) sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah, serta, (3) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan sekolah.

Tujuan RKT
RKT dirumuskan dengan tujuan untuk:
1. Menjamin agar perubahan/tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;
2. Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah;
3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan;
4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
6. Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

ARTIKEL TERKAIT •
KISI-KISI UJIAN TEORI KEJURUAN SMK (UJI KOMPETENSI KEAHLIAN SMK TAHUN 2018 (2017/2018)

Dan untuk file serta contoh Rencana Kerja Tahunan Sekolah dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini :
Unduh Rencana Kerja Tahunan Untuk SD/MI
Unduh Rencana Kerja Tahunan Untuk SMP/MTs
Unduh Rencana Kerja Tahunan Untuk SMA/SMK/MA

Rencana Kerja Tahunan Sekolah RKTS

Hadirnya file ini Admin harapkan dapat memberikan manfaat dalam pembuatan Rencana Kerja Tahunan Sekolah yang Bapak dan Ibu laksanakan di tahun 2018 untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.


Sumber https://www.m4th-lab.net/